The Day of the Jackal

29 Jul 2011

261604_2164560118036_1367635752_32628969_5716124_a

Kebijakan Presiden Perancis pada 1963 untuk melepaskan Aljazair dari teritori Perancis menyebabkan beberapa anggota pasukan militer memberinya cap sebagai pengkhianat Perancis dan memutuskan untuk memberontak. Para pemberontak ini, dikenal dengan nama OAS, melakukan berkali-kali upaya pembunuhan terhadap sang presiden, namun selalu mengalami kegagalan karena dalam OAS sendiri telah disusupi banyak mata-mata dari pemerintah. Kondisi ini akhirnya membuat sang pemimpin OAS memutuskan untuk secara diam-diam mempekerjakan pembunuh bayaran professional untuk membunuh Presiden Gaulle. Pembunuh ini dikenal dengan nama sandi Jakal. Karena satu kelengahan kecil, rencana ini akhirnya terendus oleh pemerintah Perancis, dan perburuan tanpa publikasi terhadap seorang pembunuh yang tak diketahui identitasnya pun dimulai. Sementara, sang pembunuh sendiri sudah mempersiapkan jauh dan detail rencana eksekusinya.

Orang macam apa yang bisa membuat kepolisian dua negara memburunya dengan hasil hampir selalu nihil? Itulah Jakal! Dalam bahasa inggris, Jackal berarti serigala (siluet serigala jadi cover buku ini ketika pertama kali diterbitkan), dalam bahasa baku indonesia, terjemahannya adalah Jakal. Karakter Jakal disini dan segala kegiatannya yang ditulis dengan amat detail oleh Frederick Forsyth sukses membuat saya melongo terpana. Bagaimana tidak, sang Jakal ini menyamar dengan empat lapis identitas palsu, dan membuat detail eksekusinya dengan sangat teliti. Di lain pihak, kekaguman saya juga muncul melihat dedikasi pasukan pemerintah yang berupaya sekuat tenaga untuk menemukan Jakal ini. Ada dua hal yang sangat berkesan buat saya ketika membaca bagaimana para petugas militer ini benar-benar bekerja dengan hati. Yang pertama adalah ketika kolonel Rolland memutuskan untuk mendengar sendiri rekaman kasetnya alih-alih mempercayai notulen rekaman, dan yang kedua adalah bagaimana anggota Secret Service Inggris masih bersedia mencari arsip untuk sebuah isu belaka. (di Indonesia gimana ya?)

Membutuhkan waktu cukup lama untuk saya pribadi melahap novel setebal 607 halaman ini karena paruh pertamanya sungguh kaya akan detail yang membuat saya agak pusing. Novel ini sendiri dibagi menjadi tiga bagian, 1. Anatomi Perencanaan (9 bab), 2. Anatomi Perburuan Manusia (9 bab), dan 3. Anatomi Pembunuhan.(3 Bab). Bagian kedua dan ketiga membuat saya sulit sekali berpisah dengan buku ini. Anti klimaksnya bisa dikatakan sangat singkat, tapi juga sangat membekas. Hanya sedikit yang terluput rasanya, yaitu bagaimana nasib komplotan pemberontak itu pada akhirnya. Namun keseluruhan dari novel tentang perburuan ini (perburuan manusia) ini memang luar biasa, ada beberapa adegan dewasa, dan humor ala Forsyth yang menyebalkan-tapi-menggelikan, tak mengherankan jika diberi gelar sebagai salah satu dari 100 novel kriminal terbaik sepanjang masa.

Versi terbitan Serambi Cerita Utama sendiri covernya keren, pemilihan kertas dan tata letak juga bagus. Kekurangannya hanya pada masalah penerjemahan. Saya amat terganggu dengan penerjemahan dialog pada beberapa bagian. Yang saya tangkap, mungkin maksud penerjemah / penyuntingnya agar buku ini tidak terkesan terlalu berat, namun tentunya jadi terasa aneh sekali apabila dalam dialog anggota pejabat/militer digunakan dialog-dialog dengan bahasa sehari-hari banget, padahal konteksnya pekerjaan dinas, salah satu contohnya adalah dialog sepanjang halaman 354-358. Begitu pula penggunaan kata kamu (lebih cocok kau/anda), nih, OK terasa janggal. Namun terlepas dari itu semua, tentu para penggemar novel thriller tidak boleh melewatkan yang satu ini.

Adaptasi

Sejak pertama kali diluncurkan pada 1971, novel ini telah diadaptasi sebanyak 3x ke dalam layar lebar. Yang pertama adalah The Day of the Jackal yang dirilis pada 1973 dan menyabet banyak penghargaan di tingkat internasional (termasuk Oscar) pada 1974. Adaptasi keduanya adalah oleh negara India, pada tahun 1988 dengan judul Malayalam. Dan, versi amerikanya sendiri “The Jackal” dirilis pada 1997 dengan dibintangi oleh Bruce Willis dan Richard Gere, dengan mengubah settingnya menjadi Amerika masa kini.

220px-day_of_the_jackal_ver1 220px-jackal_film

Pengaruh

Saking detailnya novel ini, ada beberapa tindak kriminal nyata yang terinspirasi olehnya. Yang paling luar biasa tentunya adalah pembunuhan perdana menteri Israel, Yitzhak Rabin, oleh seorang militant ekstrem kanan, Yigal Amir, yang terinspirasi edisi Ibrani The Day of the Jackal. Ada jugaVladimir Arutnian, yang terobsesi pada novel ini hingga merencanakan pembunuhan terhadap George W. Bush pada kunjungannya ke Georgia pada 2005. Begitu pula, novel ini ditemukan dalam barang2 seorang teroris bernama Ilich Ramrez Snchez,Sementara itu, metode pembuatan paspor palsu dalam novel ini hingga saat ini menjadi metode yang menginspirasi orang-orang untuk mendapatkan paspor palsu! Wow! Semoga metode pelacakannya juga menjadi inspirasi untuk kepolisian juga.

Tentang Penulis

frederickforsyth 200px-frederickforsyth_thedayofthejackal

Sebelum menjadi penulis, Forsyth sempat menjadi pilot angkatan udara termuda dan kemudian bergabung di BBC sebagai koresponden liputan perang sipil di Nigeria. Sejak 1969-2010 Frederick Forsyth menghasilkan 19 novel dan kumpulan cerita pendek. The Day of the Jackal adalah novel keduanya, dan berhasil membawakan Edgar Alan Poe Award 1972 untuknya. Spesialisasi Frederick Forsyth sendiri berkisar dalam dunia mata-mata, gangster, pembunuhan, diplomasi, dan permainan belakang layar yang dikerjakan para pelaku bisnis dan politikus. Sesuatu yang tidak akan dijumpai dengan membaca surat kabar harian saja. Buat yang menyangka bahwa segala yang dilaksanakan pemerintah untuk membasmi kriminalitas tingkat tinggi itu kegiatan bersih, nampaknya anda harus menyempatkan diri membaca novel ini. Hehehe..

Judul: The Day of the Jackal

Penulis: Frederick Forsyth

Penerbit: Serambi Ilmu Semesta / Juni 2011

Tebal: 607 hlm

My rating: 3,5 of 5 stars (4 bintang untuk naskah aslinya, dikurangi 0,5 bintang karena penerjemahannya)


TAGS serambi ilmu


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post