Happy Birthday, Harry Potter!

31 Jul 2011

Jadi, karena membaca tulisan di blognya Mia, tiba-tiba saja diriku dilanda gelombang emosi mengharu-biru. Sebenernya itu ditimbulkan karena efek foto ini juga sih..

tumblr_lngmw9q9wg1qb0j8no1_5001

Lihat foto itu, jadi terkenang perjumpaan pertama kali dengan Harry Potter, sudah lupa kapan persisnya, namun saya ingat waktu itu sudah 3 judul buku Harry Potter bisa langsung saya boyong dari toko dan tak lama berselang buku ke-4 nya sudah beredar. Perkenalan saya memang terlambat, tapi saya tak pernah menyesalinya. Kembali ke masa itu, rasanya sudah lama sekali, tertawa bersama Harry, bertualang bersama Harry, berbagi emosi dengan Harry.. Dan sejak itu selalu menunggu-nunggu kapan Harry akan datang lagi. Hal paling gila adalah masa menantikan buku ketujuhnya, adik saya sampai inden edisi bahasa inggris hard covernya demi segera mengetahui cerita Harry (we never did such thing before and after Harry Potter). Namun setelah membaca buku ketujuh, rasanya malah penantian kedatangannya jadi tak pernah berakhir. We want more Potter!

Dan ya, jika ditanya buku apa yang rela dimiliki dua copy, saya gak akan ragu memilih boxset Harry Potter. Cara JK Rowling bercerita mudah dicerna, membawa imajinasi pembaca kepada hal-hal yang selama ini diimpikan menjadi begitu nyata, dan diselingi dengan humor segar yang tidak bernuansa sinis memang rumus sukses memikat pembacanya. Pengen beli edisi bahasa inggrisnya, tapi berat juga karena edisi bahasa Indonesianya terjemahannya super bagus (ingat,buku saya sudah kusaaam). Mungkin, edisi bahasa inggrisnya suatu saat ingin beli yang signature edition saja sepertinya (mudah2an ada yang mbuntelin, amin..) Buat yang belum tau, coba main ke blognya Mia. Harry Potter signature edition ini tetep kisah Harry yang kita sudah hafal belokan2 dan tikungannya, namun dikemas dengan cover baru dan dilengkapi dengan tanda tangan Harry Potter (bukan JK Rowling, tapi Harry Potter).

tumblr_lat2ibcvi61qaqe19o1_400

Kerinduan pada Harry Potter sedikit terobati dengan kehadiran filmnya, jadi selain mengoleksi ketujuh novelnya, saya juga mengoleksi filmnya. Waktu pertama kali filmnya muncul, sebenernya sedikit kecewa dengan pemilihan trio tokoh utamanya. Harry terlalu ganteng dan bermata biru, Ron dan Hermione terlalu bundar. Tapi ketiganya memang jago sekali berakting. Ron dihidupkan dengan begitu kocak oleh wajah ekspresif Rupert Grint. Rupert sebenarnya kalah ganteng dibanding Daniel Radcliffe menurut saya, tapi entah kenapa popularitasnya di dunia nyata lebih unggul daripada di Hogwarts sejak HP 7 A (Ehem!). Film pertamanya juga terasa kalah dibandingkan imajinasi novel itu. Sampai saat ini saya masih menilai film yang paling mendekati buku, dari segi akting maupun suasana adalah film ketujuh bagian satu. Bagian duanya belum nonton (dan semua komen berbau spoiler di postingan ini akan di-delete).

harpot-fan-rowling

Saat ini, setelah ikutan mewek ketika baca berita kisah dibalik layar pembuatan film Harry Potter 7b dan premiere nya, saya menyempatkan membaca ulang ketujuh novel Harry Potter, usang sekali (dulu belum tahu caranya merawat buku), setelah menyampul ulang semuanya. Ada sensasi berbeda ketika membaca cerita Harry kali ini, yang terbayang adalah wajah Daniel Radcliffe, dkk dan scene filmnya. Dan nyesek, mata bisa berkaca-kaca begitu saja ketika membaca buku pertamanya, ketika ingat bahwa semuanya sudah selesai. Saya akan terus tumbuh dewasa dan menua, sementara Harry akan tetap disana dengan segala sesuatu yang ada dalam imajinasi dan mimpi terpendam manusia. Harry Potter mengukir sejarah baru dalam dunia penerbitan, dan saya bangga bisa jadi bagian dalam sejarah itu juga. :’)

Dan sudah tentu, saya dilanda kegalauan massal akan pertanyaan sakti ini: Apalagi yang akan mengobati kangenku pada Harry Potter nanti? *nangis segalon*

Happy Birthday JK Rowling! Thank you sudah membawaku kedalam dunia imajinasi tak berbatas sejauh ini. Harry James Potter definitely will remains live forever, so i’ll also say: Happy Birthday, Harry Potter!! :”)


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post