#GaarderFest: Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

22 Aug 2011

perpustakaan-ajaib-bibbi-bokken1Berit Boyum dan Nils Boyum Torgersen adalah sepasang saudara sepupu yang berhubungan dekat secara emosional. Setelah melewatkan libur musim panas bersama-sama, mereka memutuskan untuk saling mengirim surat dengan menuliskannya dalam sebuah buku untuk mempermudah pengarsipan.

Buku itu dikirimkan bolak-balik dari Oslo ke Fjaerland. Buku yang dipakai oleh Nils dan Berit berkirim surat adalah sebuah buku tulis yang dibelikan oleh seorang perempuan misterius yang kedapatan ngiler di toko buku. Dia berkeras untuk membayari buku itu ketika Nils hendak membayar. Hal ini kemudian menjadi bahan perbincangan Nils dan Berit dalam surat-suratnya.

Belakangan ketahuan bahwa perempuan itu bernama Bibbi Bokken, tinggal di Fjaerland dan sering menerima paket berisi buku-buku terbaru. Tapi tunggu, kenapa rasanya perempuan itu selalu muncul dimanapun Nils dan Berit berada bersama buku surat mereka? Kemunculan seorang pria berkepala botak yang terang-terangan ingin merebut buku itu membuat Berit dan Nils mencurigai konspirasi yang tengah dilakukan oleh Bibbi Bokken. Komplotan mereka bahkan mengikuti Nils ke Roma! Sebenarnya apa maksud dari itu semua? Apakah yang menjadi rahasia Bibbi Bokken?

Buku yang unik ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah buku surat yang dipakai oleh Nils dan Berit. Bagian pertama membuat pembaca penasaran setengah mati akan apa sebenarnya yang terjadi pada Nils dan Berit. Ditambah dengan hebatnya daya imajinasi Nils, tak jarang pembaca dibuat senyum-senyum sendiri. Alur ceritanya tidak bisa ditebak sama sekali.

Sementara bagian kedua, adalah berupa narasi mengenai kejadian yang tidak sempat dituliskan dalam buku tersebut, yaitu bagian terungkapnya rahasia Bibbi Bokken dan perpustakaan ajaibnya. Buat saya terasa lebih seperti membaca novel detektif yang mengangkat topik istimewa, yaitu tentang buku.

Ketika membaca bagian kedua dari buku ini, saya sebagai pembaca awam bisa merasakan kecintaan kedua penulis terhadap buku. Melalui balutan kisah detektif amatir remaja, Jostein Gaarder dan Klaus Hagerup berhasil memperkenalkan pembaca pada seluk beluk dunia perbukuan. Bahkan dijelaskan beberapa istilah yang mungkin tidak kita ketahui, seperti istilah bibliographer,

bibliophile.  Klasifikasi Desimal Dewey, dan incunabula.

Ada banyak kalimat yang mengharu biru perasaan saya ketika membaca:

Aku berjalan menyusuri rak-rak perpustakaan. Buku buku tersebut memunggungiku. Tak seperti manusia yang ingin berjarak denganku, buku-buku itu malah menawarkan diri untuk memperkenalkan diri mereka. Bermeter-meter jajaran buku yang tak akan pernah mampu kubaca. Dan aku tahu, apa yang ada di sini adalah kehidupan yang merupakan pelengkap kehidupanku, yang menanti untuk dimanfaatkan. (hlm. 234)

Untuk pertama kalinya dalam hidup, aku mengerti apa sesungguhnya buku itu. Sebuah buku adalah dunia ajaib penuh simbol yang menghidupkan kembali si mati dan memberi hadiah kehidupan yang kekal kepada yang masih hidup. Sungguh tak dapat dibayangkan, fantastis, dan ajaib bahwa kedua puluh enam huruf alfabet kita bisa dipadukan sedemikian rupa sehingga bisa memenuhi rak raksasa dengan buku-buku yang membawa kita pada dunia yang tak pernah berujung.dunia yang selalu bertumbuh dan bertumbuh selama masih ada manusia di muka bumi ini. (Hlm. 237-238)

…. setiap kali membuka sebuah buku, aku akan bisa memandang sepetak langit. Dan jika membaca sebuah kalimat baru, aku akan

sedikit lebih banyak tahu dibandingkan sebelumnya. Dan segala yang kubaca akan membuat dunia dan diriku sendiri menjadi lebih besar dan luas. (Hlm. 238)

Jostein Gaarder dan Klaus Hagerup berhasil menghipnotis saya dan menyadarkan saya sebagai pembaca bahwa apapun yang pernah ditulis oleh manusia bisa menjadi sebuah buku, entah itu akan diterbitkan kelak atau hanya buah keajaiban 26 alfabet, yang namanya inspirasi sudah selayaknya mendapatkan apresiasi. Dan buku unik ini,sepertinya wajib dibaca oleh semua pecinta buku di dunia.

Judul: Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

Penulis: Jostein Gaarder & Klaus Hagerup

Penerbit: Mizan / cet.1 : Mei 2006

Tebal: 294 hlm.

My rating; 4 of 5 stars

Ps. Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken sudah diterbitkan ulang pada 2011 dalam edisi Mizan Gold Edition dengan desain cover, kualitas kertas, dan versi terjemahan yang lebih baik.

263066_250855621595164_152106528136741_1282965_2709187_n

Pps. Untuk mengetahui lebih jauh tentang Jostein Gaarder bisa berkunjung ke:

http://aschehougagency.no/Authors/Aschehoug/Aschehoug-Fiction/Gaarder-Jostein


TAGS mizan


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post