My Milky Way’s Best Book in 2011

27 Jan 2012

A very late posting.. Gara-gara koneksi internet yang lemot akhirnya posting awal tahun jadi tertunda di akhir tahun. Hehe.. Gapapa lah ya, kan masih bulan Januari.. *ngeles* ;p

Berikut ini adalah buku-buku terbaik yang saya baca sepanjang 2011 lalu, diambil dari banyak pilihan buku bagus yang saya baca (yang jumlahnya meningkat drastis karena saya tergabung dalam komunitas Blogger Buku Indonesia :D)

Buku-buku ini saya pilih bukan berdasarkan bintangnya, tetapi berdasarkan pertimbangan bahwa apabila seseorang hanya punya sedikit sekali waktu untuk membaca, setidaknya orang itu harus membaca buku-buku ini karena urgensi isinya.

Non Fiksi:

1. Kedai 1001 Mimpi - Valiant Budi @vabyo, terbitan GagasMedia.

Di sekitar kita, banyak sekali rakyat kecil yang mengadu nasib ke luar negeri, jadi TKI. Diantara mereka, banyak yang mungkin kurang siap mental, atau kurang mengenal medan negara yang dituju karena kurangnya akses informasi. Bacalah buku ini agar anda bisa memberi tahu mereka, atau belilah buku ini untuk mereka yang anda tahu memiliki impian ideal untuk bisa bekerja di KSA. Bukan untuk melarang, hanya untuk membantu kesiapan mental. Sangat layak dibaca, apalagi juga dikemas dalam bahasa yang ringan dan mengundang senyum meski kontennya berbobot.

2. Creative Junkies - Yoris Sebastian, terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Meski saya tidak sempat membuat review untuk buku ini, namun buku ini adalah salah satu buku terbaik yang saya baca di 2011. Buku ini adalah salah satu inspirasi lahirnya blog ini. Creative Junkies memberi semangat kepada pembaca untuk melatih diri berpikir kreatif dan solutif, mencari segudang ide, dan memotivasi pembaca untuk berani keluar dari zona nyaman. Disampaikan dengan gaya bahasa yang sangat sederhana. Buku ini termasuk koleksi istimewa saya karena selain kontennya yang luar biasa bermanfaat, juga ada tanda tangan dari om Yoris :D

3. Hairless - Ranti Hannah, terbitan GagasMedia.

Buku ini layak dibaca karena buku ini adalah karya penulis Indonesia yang adalah berupa memoar. Bukan sembarang memoar, tapi menceritakan kisah perjuangannya melawan kanker payudara. Bukankah di Indonesia (dan dunia) kanker adalah salah satu pembunuh utama? Cara penulis dan keluarganya mengatasi penyakit inilah yang patut di contoh oleh masyarakat, selain itu juga muatan edukasi tentang kanker payudara menjadikan buku ini harus dibaca oleh perempuan-perempuan Indonesia.

Fiksi:

1. The Shack - William P. Young, terbitan Penerbit Andi.

Novel ini mungkin sangat segmented karena termasuk novel rohani, tetapi terlepas dari analogi penulis tentang Allah Tritunggal, saya rasa buku ini bisa diterima secara universal. Sangat layak dibaca karena buku ini sangat menyembuhkan. Ibarat kata, senti demi senti luka hati saya ikut dikorek untuk pada akhirnya saya “membereskan” diri dihadapanNya dan disembuhkan.

2. Dunia Sophie - Jostein Gaarder, terbitan Mizan Gold Edition

Selain covernya yang cantik, buku ini memuat perkembangan filsafat dengan gaya bertutur yang jauh dari berat. Muatannya berbobot, dan disampaikan dalam balutan fiksi yang menjadikan segalanya lebih mengena pada pembaca, bukan sekadar potongan-potongan pelajaran filsafat. Buku ini akan memperkaya eksistensi kita sebagai manusia.

3. Sarah’s Key - Tatiana de Rosnay, terbitan Elexmedia Komputindo

Banyak orang mengagumi kemegahan Paris, namun sedikit yang mau mengingat bahwa kota ini dan negeri Perancis pernah tercederai oleh tragedi kemanusiaan yang didalangi oleh Hitler. Memang menyakitkan untuk dibaca, namun kenyataan sejarah dibalutkan dalam plot fiksi yang menarik untuk diikuti, karena itu saya merekomendasikannya untuk dibaca. Buku ini adalah pengingat kepada kita akan adanya korban-korban konspirasi politik lainnya sebagaimana mereka selalu ada, dan bentuk penghormatan pada nilai kemanusiaan. Zakhor, Altichkah.

Masih banyak lagi buku-buku yang bagus yang saya baca sepanjang 2011 kemarin (klik saja archive per bulan / kategori penerbitnya untuk memudahkan pembacaan review), dan saya bersyukur bisa membaca setiap buku itu. Semoga blog ini masih bisa tetap mereview buku-buku bagus untuk mengajak masyarakat Indonesia gemar membaca. Doakan saya yaaa ^^


TAGS annual posting


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post