The Marvelous Land of Oz

26 Mar 2012

925446c5e3f1d570d69041ad5347e414_425447_3425415874516_1243844964_33448698_590850400_nDi akhir abad ke 20 dan awal abad 21 ini, dunia mengenal kejayaan fiksi fantasi yang mendulang kesuksesan dengan Harry Potter sebagai salah satu karya yang paling berpengaruh di dunia. Tetapi, jika menyebutkan karya fantasi yang paling berpengaruh di awal abad ke-20, barangkali seri klasik petualangan di Negeri Oz karya L. Frank Baum adalah salah satunya.

Buku pertama yang membawa pembaca bertualang di negeri Oz adalah The Wizard of Oz yang diterbitkan pada 1901. Buku ini dan berbagai adaptasinya telah sukses membawakan sukacita pada banyak sekali anak-anak. Sang penulis pun mendapatkan ratusan surat dari pembaca, yang meminta ia menuliskan lebih banyak lagi petualangan di Oz, yang ia anggap sebagai bentuk apresiasi mereka terhadap karyanya. Sampai ketika seorang gadis kecil, yang namanya juga Dorothy, jauh-jauh menempuh perjalanan hanya untuk menemuinya dan memintanya menulis tentang Oz lagi. Dan Frank pun berjanji, jika ia menerima seribu surat, ia akan menulis lagi. Dan tak lama, surat ke-seribu pun tiba. Dan inilah cerita tentang Negeri Oz berikutnya.

Kali ini, yang bertualang di Negeri Oz adalah Tip, bocah lelaki yang diasuh oleh penyihir jahat bernama Mombi. Karena diancam oleh Mombi agar meminum ramuan sihir yang membuatnya jadi batu, Tip melarikan diri dari rumah Mombi. Ia ditemani oleh manusia labu buatannya, yang dihidupkan oleh serbuk ajaib Mombi. Di perjalanan mereka menuju Kota Zamrud yang dipimpin oleh Yang Mulia Boneka Jerami, rombongan mereka bertambah dengan seekor kuda kayu. Setibanya di Kota Zamrud, Tip dkk terlibat petualangan membantu Boneka Jerami menyelamatkan Kota Zamrud dan Negeri Oz dari pasukan gadis pemberontak yang dipimpin oleh Jenderal Jinjur. Bagaimana mereka bisa menguasai lagi Negeri Oz dan Kota Zamrud? Lalu, rahasia apa yang melekat pada Tip dkk?

Sebenarnya, cerita di Negeri Oz ini memang ditujukan untuk pembaca anak-anak, meskipun pembaca dewasa seperti saya tetap bisa menikmatinya. Saya sekali lagi menikmati petualangan di Negeri Oz, yang meskipun ceritanya sangat sederhana namun diceritakan dengan mengalir dan bikin geregetan oleh penulis. Sangat menikmati malah. Hehe.. menurut saya, buku kedua ini lebih seru dan lebih mengalir dari buku pertama. Pantas saja, serial ini sangat disukai oleh anak-anak pada masa itu. Dan saya rasa, tentu anak-anak masa kini pun tetap bisa menikmati petualangan di Negeri Oz, karena dunia Oz, bisa dikatakan sangat anak-anak. Serial yang tepat untuk dijadikan pengenal literatur dan menumbuhkan minat baca anak-anak :)

Edisi terbitan Atria sendiri, covernya cantikkkkk! Terjemahannya juga mulus, bahasanya mengalir banget dan minim typo. Yang gak kalah penting, ilustrasinya keren. Sayangnya, di halaman yang memuat data buku tidak dicantumkan kapan pertama kali buku ini diterbitkan, padahal tentunya itu adalah catatan penting yang sangat menambah nilai klasik dari buku itu sendiri, selain label di cover depan. Please, Atria, cantumin dong, biar buku-buku Atria Klasik makin mantap. :) Sangat dinanti ya terbitnya terjemahan sekuel-sekuel Negeri Oz semuanya.. :D

Judul: The Marvelous Land of Oz

Penulis: L. Frank Baum

Penerbit: Atria / cet. 1: Januari 2012

Penerjemah: Justine Tedjasukmana

Tebal: 234 hlm.

My rating: 4 of 5 stars


TAGS atria


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post